Mengenal Perbedaan PCX ABS Dan CBS

 

PCX

Perbedaan PCX ABS dan CBS menjadi perbincangan hangat di kalangan para pencinta skutik. Dua varian ini dibekali dengan fitur yang berbeda, yang dapat mengakomodasi kebutuhan dan preferensi pengendara. Meskipun berasal dari varian yang sama, namun terdapat perbedaan yang signifikan pada keduanya dalam hal sistem pengereman, teknologi keamanan, dan kemudahan pemakaian. 


Nah, di bawah ini akan dieksplor lebih dalam mengenai perbedaan – perbedaan tersebut dan dampaknya pada pengalaman berkendara pengguna. 


Mengenal Sistem ABS dan CBS pada Honda PCX

ABS (Anti-Lock Braking System) dan CBS (Combi Brake System) merujuk pada sistem pengemeran yang ada pada Honda PCX. Sistem ABS bekerja secara elektronik dan menggunakan sensor untuk mendeteksi pengereman mendadak, sehingga rem tidak akan mengunci dan memberikan keamanan lebih pada pengendara. 


Sedangkan, sistem CBS bekerja secara mekanis dan mengkoordinasikan pengereman antara roda depan dan belakang untuk memberikan stabilitas dan pengendalian yang lebih baik. 


Perbedaan PCX ABS dan CBS

Berikut ini perbedaan fitur yang dimiliki motor Honda PCX antara ABS dan CBS, yaitu :


Sistem Pengereman

PCX ABS dibekali rem cakram di roda depan dan belakang. Terdapat rem ABS Single Channel pada roda depan, yang akan memberikan keamanan pengereman dengan mencegah terkuncinya roda saat terjadi pengereman mendadak. 


Namun, PCX CBS hanya dibekali dengan rem cakram di roda depan saja. Menggunakan teknologi Combi Brake System (CBS), yang akan mengkoordinasikan pengereman antara roda depan dan belakang. Sistem CBS memberikan stabilitas dan pengendalian lebih baik pada saat pengereman. 


Visual Eksterior

PCX ABS dilengkapi dengan stiker silver yang tampak lebih mewah sekaligus memberikan tampilan yang elegan pada motor. Sedangkan, PCX CBS memiliki tampilan stiker lebih sederhana, yang menciptakan kesan lebih sporty dan simpel. 


Fungsi Pengereman

PCX ABS fokus pada pengereman roda depan dan roda belakang, dengan keunggulan pada keamanan pengereman mendadak. Sementara itu, PCX CBS mengkoordinasikan pengereman antara roda depan dan belakang, serta memberikan stabilitas pada saat pengereman terutama dalam kondisi ekstrim. 


Sistem Rem

Varian PCX ABS menggunakan rem yang bekerja secara elektronik, mendeteksi dan mencegah terkuncinya roda secara otomatis. Sementara itu, PCX CBS menggunakan sistem CBS yang bekerja secara mekanis, serta mengatur pengereman antara roda depan dan belakang secara proporsional. 


Pilihan dan Preferensi

Pilihan antara varian PCX ABS dan PCX CBS bisa dipengaruhi oleh preferensi pengendara terkait fitur pengereman dan tampilan visual motor. Pengendara yang lebih mengutamakan keamanan pengereman mendadak mungkin lebih memilih varian PCS ABS, sedangkan pengendara yang menginginkan tampilan lebih sederhana bisa memilih PCX CBS. 


Keunggulan Honda PCX ABS dan CBS


Honda PCX ABS

Honda PCX ABS memiliki beberapa keunggulan seperti desainnya elegan dan modern yang menciptakan tampilan menarik dan memikat para pengendara. Selain itu, mesinnya juga bertenaga dengan kapasitas 160 cc yang memberikan performa bagus, dan memberikan daya lebih besar dibandingkan dengan beberapa kompetitornya di kelasnya. 


Dan masih banyak keunggulan lainnya yang membuat PCX ABS menonjol di pasar sepeda motor.


Honda PCX CBS

Keunggulan utama dari Honda PCX CBS antara lain desainnya elegan dan modern, menawarkan performa mesin yang bertenaga, konsumsi bahan bakar efisien, serta memiliki fitur yang lengkap. Membawa mesin berkapasitas 160 cc yang memberikan tenaga memadai untuk berkendara yang memuaskan. 


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)